Mau Hamil? Bahaya Madu Penyubur Kandungan

Postingan ini bukan bermaksud untuk memojokkan para penjual madu penyubur kandungan al mabruroh di seluruh tanah air Indonesia raya. Saya cuma mau berbagi sudut pandang alias perspektif tentang manfaat dan efek samping yang bisa ditimbulkan dari konsumsi berbagai obat alternatif untuk mendapatkan kehamilan.

Kemarin saya jalan-jalan kesebuah apotik yang lumayan jauh dari kota Medan, agak terpencil. Tapi menariknya disitu sudah dijual madu penyubur kandungan yang notabenenya dulu mungkin tidak akan pernah ditemukan di apotik kecil dan lokal seperti itu. Memang sudah lumayan juga deh popularitasnya madu ini.

lagi-hamilBelum lagi banyaknya pasangan suami istri yang cenderung cepat menyerah (atau mungkin kurang informasi) tentang sistem fertilitas wanita sendiri. Ujung-ujungnya mereka percaya sama resep dokter yang menyarankan mengkonsumsi obat hormonal seperti profertil yang fungsinya untuk merangsang pengeluaran Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH); yang mana keduanya penting untuk pematangan sel telur (ovulasi). Akan tetapi ingat, yang namanya obat penyubur kandungan sekalipun bukanlah cara yang alami, jadi jangan heran kalau kedepannya anda mengalami efek samping yang tidak mengenakkan dari obat profertil tersebut. Saya pernah baca bahkan ada yang harus sampai oyong, pingsan, alergi, masalah pada rahim, dan juga pendarahan. Anda bisa gugling sendiri deh kalau tidak percaya.

OK kembali lagi ke topik madu al mabruroh tadi. Apakah saya anti sama yang namanya obat herbal tradisional? Tentu jawabannya tidak, karena saya kira obat, jamu, madu herbal ada tempatnya dan bisa dijadikan pelengkap. Tetapi dalam sisi yang sama madu penyubur kandungan al mabruroh bagi saya bukanlah jadi solusi utama untuk mengatasi masalah kemandulan sampai ke akar-akarnya.

Kenapa?

Karena kemandulan ini adalah masalah yang kompleks. Bisa datang dari 2 sisi; sang pria atau sang wanita. Pria yang punya kualitas sperma rendah biasanya punya gaya hidup yang buruk. Sering merokok, minum alkohol, tidur tidak teratur dan juga kegemukan. Ditambah lagi juga pola makan yang sangat tidak sehat seperti jarang makan sayur, dan buah, daging, telur, dan ikan. Atau juga mungkin minum kopi. Kalau dari pihak wanita yang jadi masalah biasanya si ibu sangat defisit akan nutrisi seperti vitamin c, vitamin a, vit b kompleks, zinc, magnesium, dan asam folat. Dan ironisnya calon ibu jaman sekarang ini terlalu sering ngemil mie, ngopi, roti, dan juga makanan berkarbohidrat tinggi rendah nutrisi lainnya. Ujung-ujungnya yang menjadi masalah adalah ini mengakibatkan tidak fit nya ibu tersebut, rahim tidak subur, bisa kena gejala anemia, susah berovulasi, kualitas sel telur tidak bagus, sehingga infertilitas pun terjadi.

Saya juga sangat sedih karena semakin lama, semakin banyak ibu yang punya kendala PCOS dimana ada kista yang menumpuk di bagian ovariumnya. Ini adalah penyebab utama dijaman modern ini ibu menjadi tidak subur.

Solusinya?

Harus diubah nutrisi dan pola makannya. Ini yang primer/utama. Madu penyubur kandungan hanyalah pelengkap, alias sekunder. Saya sarankan kalau ibu sedang dalam program hamil; maka lebih baik fokus dalam 3 bulan pertama untuk mengkonsumsi makanan padat gizi yang kaya akan berbagai vitamin untuk kesuburan rahim dan peningkatan organ reproduksi wanita; seperti bayam, brokoli, wortel, jus bit, tomat, ikan, telur ayam (beserta kuningnya), daging sapi, hati, flax seed, olive oil, dan juga buah-buahan. Dengan perubahan makanan ini, fungsi tubuh ibu akan kembali normal lagi; detoksifikasi hati akan kembali berfungsi dan artinya vitalitas akan kembali normal sehingga semua hormon seksual wanita baik itu estrogen ataupun progesterone rasionya menjadi ideal lagi. Mudah-mudahan kalau ibu disiplin maka setelah akhir program hamil, ibu bisa mencoba lagi dan mudah-mudahan sudah bisa mendapatkan kehamilan. Sukses.!!!

7 Pemeriksaan Agar Cepat Hamil: